Site Map

Blogroll

Kamis, 05 April 2012

RPP IPS Berkarakter



MODEL PERANGKAT RPP
IPS-SD

KOMPETENSI DASAR :
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Tingkat Pendidikan                       : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                                 : VI/2
Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi  
Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global.
B.   Kompetensi Dasar
       Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.         
C.   Indikator
  1. Kognitif          :
Produk:
a.  Mengidentifikasi berbagai jenis barang dan jasa yang tersedia melaui impor.
b.  Mengidentifikasi barang dan jasa produksi Indonesia yang di ekspor ke luar negeri.
c.   Menemukan alasan suatu negara perlu mengadakan hubungan perdagangan dengan luar negeri.
d.  Menjelaskan manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia.
e.  Menjelaskan manfaat impor bagi perekonomian Indonesia.

Proses:
a.    Melaksanakan eksplorasi dan kerja kelompok untuk menemukan manfaat ekspor impor bagi perekonomian Indonesia.

2.    Afektif
a.  Mengembangkan sikap saling membantu antar umat manusia yang hidup di negara yang berbeda.
b.  Menumbuhkan rasa nasionalisme dengan mencintai produk dalam negeri.

3.    Psikomotor
a. Terampil memilih-milih gambar  dan contoh barang untuk digolongkan menjadi kelompok barang impor dan barang ekspor serta memasang di papan kelas.


D.    Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Kognitif           :
Produk:
a.  Siswa dapat mengidentifikasi negara asal dari barang-barang impor dengan melihat keterangan pada produk maupun dari berbagai informasi lain.
b.  Siswa dapat mengidentifikasi barang-barang produksi Indonesia yang di ekspor ke luar negeri dengan membaca artikel-artikel yang telah disiapkan oleh guru.
c.   Tanpa melihat buku siswa dapat menjelaskan alasan suatu negara perlu mengadakan hubungan perdagangan dengan luar negeri.
d.  Secara mandiri dan tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia.
e.  Secara mandiri dan tanpa membuka buku siswa menjelaskan manfaat impor bagi perekonomian Indonesia.

Proses:
a.  Dengan menggunakan LKS siswa dapat bekerja kelompok untuk menemukan manfaat ekspor impor bagi perekonomian Indonesia.

2. Afektif
a.  Dengan memahami bahwa setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri siswa memiliki sikap untuk saling membantu antar umat manusia yang hidup di negara yang berbeda.
b.  Dengan memahami bahwa menggunakan barang buatan dalam negeri penting untuk menjaga kelangsungan perusahaan dalam negeri siswa mendapatkan pemahaman manifestasi rasa nasionalisme dalam bentuk mencintai produk dalam negeri.

3.  Psikomotor
     Dengan disediakan gambar dan contoh barang, siswa dapat dengan terampil menggolongkan menjadi golongan barang impor dan barang ekspor serta memasangnya di papan.

E.     Materi Pembelajaran  :
1.  Barang dan jasa yang diimpor oleh Negara Indonesia.
2.  Barang dan jasa yang diekspor oleh Negara Indonesia
3.  Alasan negara mengadakan hubungan perdagangan internasional.
4.  Manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia
5.  Manfaat impor bagi perekonomian Indonesia

F.     Model dan Metode Pembelajaran :
1.  Model Pembelajaran : Model pembelajaran kooperatif
2.  Metode Pembelajaran                     :
                  a.    Kerja Kelompok
                  b.    Tanya jawab
G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.    Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak para siswa untuk mengingat kembali tentang peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
     b. Orientasi
          Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran.
     c.  Motivasi
Guru menjelaskan pentingnya memahami manfaat ekspor dan impor terhadap perekonomian nasional.

2.   Kegiatan Inti
Penggalan I
Guru menyediakan contoh-contoh barang yang diimpor dan diekspor Indonesia, menyediakan gambar barang-barang yang diimpor dan diekspor Indonesia, serta artikel-artikel tentang ekspor dan impor.

      Guru meminta siswa untuk mengelompokkan barang dan gambar barang menjadi kelompok barang yang diimpor oleh Indonesia dan kelompok barang yang diekspor Indonesia dengan melihat ketarangan pada barang dan membaca artikel-ertikel yang tersedia.

      Siswa mengelompokkan barang dan gambar barang menjadi kelompok barang impor dan kelompok barang ekspor dengan melihat informasi pada barang/gambar barang dan membaca artikel yang sudah disediakan.
     
      Siswa menuliskan hasil penggolongan barang ekspor dan impor dalam LKS.

      Penggalan II
Siswa melakukan diskusi kelas dipimpin oleh guru untuk menemukan  penyebab-penyebab/alasan-alasan terjadinya perdagangan internasional.
           
      Siswa menuliskan penyebab-penyebab terjadinya perdagangan internasional dalam LKS.

      Penggalan III
Siswa secara berkelompok melakukan diskusi untuk menemukan manfaat ekspor dan impor bagi perekonomian Indonesia.

Tiap-tiap kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas.
           
Guru menyimpulkan manfaat ekpor dan impor dalam perekonomian Indonesia.

3.  Penutup
   a.  Merangkum
        Guru merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran.
b.  Menilai
Guru memberikan tes tertulis
   c.  Refleksi   
Guru mengajak merefleksikan pengalaman hidup dengan materi pembelajaran.


15 menit














20 menit
























10 menit









15 menit












10 menit


H.    Penilaian    :
1. Penilaian Kognitif
     a.  Penilaian Produk (terlampir)
     b. Penilaian Proses (terlampir)
2. Penialain Afektif (terlampir)
3. Penilaian Psikomotor (terlampir)

I.      Sumber Belajar dan Media Pembelajaran  :
1.      KTSP 2006/Kurikulum Sekolah Mitra,
2.      Standar Isi Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar.
3.      Buku Sekolah Elektronik: Nugroho, Arif Julianto Sri, 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial, SD Kelas VI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
4.  Contoh barang-barang ekspor dan impor.
5.  Gambar-gambar barang ekspor dan impor.
6.  Lembar kerja siswa.


Lampiran 1. Lembar Kerja Siswa

LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk
Kelompokkan barang-barang dan gambar barang yang menjadi bagian kelompokmu kemudian tempelkan yang tersedia di depan kelas kemudian catatlah dalam table berikut ini.

Tabel 1. Barang Impor dan Barang Ekspor Indonesia
No.
Nama Barang Impor
Negara Asal
No.
Nama Barang Ekspor
Negara Tujuan
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.






Petunjuk
Ikuti diskusi kelas dengan baik kemudian hasilnya tuliskan dalam tabel dibawah ini.

Tabel 2. Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional
No.
Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional
1.

2.

3.

4.

5.


Petunjuk :
Buatlah kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini  :
1.    Apakah manfaat impor bagi negara Indonesia ?
2.    Apakah manfaat ekspor bagi Negara Indonesia ?
Jawaban pertanyaan ini, tuliskan dalam Tabel 3 dan Tabel 4 berikut ini.


Tabel 3. Manfaat Impor Bagi Indonesia
No.
Manfaat Impor
1.

2.

3.

4.

5.


Tabel 4. Manfaat Ekspor Bagi Indonesia
No.
Manfaat Ekspor Bagi Indonesia
1.

2.

3.

4.

5.




Lampiran 2. Kunci Lembar Kerja Siswa


KUNCI LEMBAR KERJA SISWA
Catatan:
Kunci ini hanya merupakan jawaban model, sangat mungkin ada jawaban lain yang juga benar.
Tabel 1. Barang Impor dan Barang Ekspor Indonesia
No.
Nama Barang Impor
Negara Asal
No.
Nama Barang Ekspor
Negara Tujuan
1.
Jam Tangan
Jepang
Cina
1.
Karet
Jepang
2.
Komputer
Jepang
Cina
Amerika Serikat
2.
CPO (crude palm oil)/Minyak Sawit Mentah)
Amerika Serikat
3.
Kapas
Amerika Serikat
India
3.
Mebel/Produk Kayu
Amerika Serikat
4.
Rautan Pensil
China
4.
Gas Alam
China
Amarika Serikat
Jepang
5.
Jeruk
China
5.
Produk Garmen (Pakaian Jadi)
Amerika Serikat
6.
Pesawat Terbang
Amerika Serikat
6.
Ikan Laut
Jepang
7.
Handphone
Jepang
Swedia
Cina
Korea
7.
Kerajinan tangan dari Logam
Arab Saudi
8.
Sepeda Motor
Jepang
Cina
8.
Kerajinan Tangan dari kayu
Perancis
9.
Modil
Japang
Korea
9.
Sepeda
Eropa (MEE)
10.
Jagung
Australia
10.
Tembakau
Eropa (MEE)

Tabel 2. Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional
No.
Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional
1.
Perbedaan Sumber Daya Alam yang dimiliki tiap negara
2.
Perbedaan keahlian warga negara
3.
Perbedaan harga antar Negara
4.
Perbedaan spesialisasi produksi
5.
Perbedaan selera masyarakat



Tabel 3. Manfaat Impor Bagi Indonesia
No.
Manfaat Impor
1.
Mencukupi kebutuhan barang konsumsi yang yang tidak tercukupi oleh barang dalam negeri
2.
Mencukupi bahan baku untuk produksi dalam negeri
3.
Meningkatkan kualitas hidup suatu masyarakat dengan mengkonsumsi barang yang tidak dihasilkan oleh negaranya sendiri.
4.
Pemerintah memperoleh penghasilan melalui bea masuk yang dikenakan pada tiap-tiap barang impor.
5.
Menghidarkan dari gejolak harga dan persediaan barang yang berlebihan

Tabel 4. Manfaat Ekspor Bagi Indonesia
No.
Manfaat Ekspor Bagi Indonesia
1.
Meningkatkan cadangan devisa negara
2.
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
3.
Meningkatkan lapangan pekerjaan
4.
Meningkatkan perkembangan industri dalam negeri
5.
Memperkenalkan kebudayaan nasional pada bangsa lain



Lapiran 3. Penilain Kognitif

A.   Penilaian Kognitif
1.  Penilaian Produk
b.  Sebutkan lima buah barang  yang diimpor oleh Indonesia !
c.   Sebutkan lima buah barang yang diekspor Indonesia ke luar negeri !
d.  Jelaskan alasan suatu negara perlu mengadakan hubungan perdagangan dengan luar negeri !
e.  Sebutkan tiga manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia !
f.    Sebutkan tiga manfaat impor bagi perekonomian Indonesia !

Contoh Jawaban Model
a.    Lima barang yang diimpor Indonesia misalnya jam tangan, komputer, kapas, rautan pensil, dan jeruk.
b.    Lima buah barang yang diekspor ke luar negeri misalnya karet, CPO (minyak sawit mentah), mebel, gas alam, dan produk garmen.
c.    Alasan suatu negara melakukan perdagangan dengan luar negeri bisa beragam. Alasan utama suatu negara mengadakan hubungan perdagangan dengan luar negeri adalah adanya perbedaan sumber daya alam yang dimiliki dan perbedaan keahlian warga negaranya. Alasan lain yang bisa terjadi misalnya perbedaan harga barang, perbedaan spesialisasi produksi dan perbedaan kualitas barang yang diproduksi.
d.    Manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia ialah :
1.    Meningkatkan cadangan devisa Negara
2.    Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
3.    Meningkatkan lapangan pekerjaan

e.    Tiga manfaat impor bagi perekonomian Indonesia:
1.    Mencukupi kebutuhan barang konsumsi yang yang tidak tercukupi oleh barang dalam negeri.
2.    Mencukupi bahan baku untuk produksi dalam negeri
3.    Meningkatkan kualitas hidup suatu masyarakat dengan mengkonsumsi barang yang tidak dihasilkan oleh negaranya sendiri.











2.  Penilaian Proses

                        Contoh Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Baik
Tidak baik
1.
Kemampuan mengemukakan pendapat


2.
Kemampuan bertanya


3.
Kemampuan mempertahankan pendapat


4.
Penguasaan Substansi materi


Skor yang dicapai

Skor maksimum

Keterangan :
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat skor 0
           
Nilai akhir      =           x 100
 























Lampiran 4. Penilaian Afektif

Skala Sikap

No.
Pernyataan
Pilihan Sikap
SS
S
R
TS
STS
1.
Rasa saling membantu antar warga negara yang berbeda kewarganegaraan perlu ditumbuhkan.





2.
Saling membantu antar negara perlu dikembangkan.





3.
Menggunakan produksi dalam negeri merupakan wujud dari rasa nasionalisme.





4.
Produksi dalam negeri lebih jelek kualitasnya dibandingkan dengan kualitas produksi luar negeri.





5.
Menggunakan produksi dalam negeri sama artinya dengan menghidupi industry dalam negeri.





Keterangan :
SS      : Sangat Setuju
S         : Setuju
R        : Ragu-ragu
TS      : Tidak Setuju
STS    : Sangat Tidak Setuju























Lampiran 5. Penilaian Psikomotor

Lembar Observasi

No.
Kegiatan
Benar
Salah
1.
Memilih barang atau gambar barang impor


2.
Memilih barang atau gambar barang ekspor


3.
Memasang barang atau gambar barang impor


4.
Memasang barang atau gambar barang ekspor


Keterangan :
Benar mendapat skor 1
Salah mendapat skor 

0 komentar:

Poskan Komentar